Perjalanan ke Kawah Ratu

Suka melakukan trekking di alam bebas? Kawasan Kawah Ratu di Gunung Salak, Jabar layak dijadikan destinasi berikutnya. Asyiknya lagi, traveler dapat mengajak keluarga untuk trekking di sana. Ada banyak pengalaman dan cerita seru!

Kawasan Kawah Ratu berada di lereng Gunung Salak, Jawa Barat. Daerah ini dapat dicapai melalui jalur Cidahu Kabupaten SukabumI, Gunung Bunder, dan Gunung Salak Endah Bogor,
Anda juga dapat melakukan trekking dengan jalur lintas kedua pintu titik tersebut, yaitu masuk melalui jalur Cidahu Sukabumi atau Gunung Bunder dan keluar turun Gunung Salak Endah Bogor atau sebaliknya.

Ini adalah pengalaman perjalanan saya ke kawah ratu JABAR, saya berangkat dari pos pendakian sekitar jam 08.15 wib pagi, melalui jalur Cidahu sukabumi

ini adalah gerbang pos pendakian ke Kawah Ratu ataupun ke Puncak Salak melalui pos pendakian Cisahu sukabumi yang di mulai dari TN HM 0 TM (Taman Nasional) / (HM-Hektometer) itu adalah petunjuk rutte yang kita lalui, hingga berakhir ke TN HM 44 jika kita menuju kawah ratu.

di karena kan saya penduduk Cidahu aseli / tulen jadi jalur yang saya lalui saat ini Bukan melalui jalur jalan setapak, sekitar 1 km / 10 HM saya melalui jalan aspal / jalan yang bisa di lalui mobil berukuran 2.5 meter lah, hehe...

nah sampailah saya di HM 10 atau sama dengan jarak 1 km Dari pos pendakian tadi..  yo lanjutkan perjalanan...
kalo ini saya berada di HM 25/2.5 km dari pos pendakian hehe...
ini adalah pertigaan menuju kawah ratu juga ke puncak salak, karena saya berangkat dari pos cidahu jadi saya pilih arah ke kiri, atau nama tempatnya adalah pertigaan BAJURI
 Nah di sini kita bisa mendirikan Tenda jika kita ingin ng.camp atau kita kemalaman di jalan kita bisa mendirikan tenda di sini dekat juga dengan aliran air bersih jernih, hehe.
lanjut sob,
Sekitar beberapa puluh meter dari Pertigaan Bajuri tadi kita akan melewati Tanda PERBATAASAN KABUPATEN antara Kab. SUKABUMI dengan Kab. BOGOR
dan ini pemandangan gunung salak yang sangat indah dalam perjalanan,
(namun sayang karena gambarnya di potret menggunakan handphone biasa / kurang bagus jadi tidak terlihat gunung salak yang begitu indah)

nah klo ini saya berada di sebuah tempat datar dan lumayan luas,
bisa juga kita mendirikan tenda di sini tapi tanggung untuk sampai ke kawah dari sini sekitar 600 meter lagi... hehe nama tempatnya Helipad

ini adalah jalan yang kami lalui, sobat jangan takut untuk ke habisan air haha...

dari sini kita cukup bejalan sekitar 430 meter lagi sob
alhamdulillah sampai juga kita ke tempat yang kita tuju soalnya petunjuk yang kita ikuti dari awal masuk sudah mencapai HM 44

nah baca dulu peringatan peringatan ini yang di buat oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak,
sebelum turun ke kawah ratu ok.
Sambil santai santai beristirahat kita bisa melihat pemandangan" yang sangat begitu indah subhanallah sob luar biasa kekuasaan Allah swt.

dan ini adalah foto foto narsis kita haha sesampainya d
KAWAH RATU GUNUNG SALAK JAWA BARAT

karena lumayan cape juga sob perut keroncongan jadi kita makan dulu sob, ada yang mau?
hehe....

OK TERIMA KASIH sob,
JANGAN LUPA BACA PERATURAN" DI BAWAH INI

Jangan trekking malam hari kecuali dengan pemandu yang sangat berpengalaman dan punya kelengkapan memadai
    Gunakan patok jalan dan penunjuk arah lain (warna hijau) yang telah dipasang oleh grup pecinta alam. Kembali ke patok terakhir yang ditemui jika tersesat mengambil arah. Jalur trekking menuju Kawah Ratu cukup jelas, meski kadang sempit dan cukup satu orang saja untuk lewat
    Pakailah sandal atau sepatu trekking yang cukup lega di bagian jari-jari kaki, karena bagian ini akan menjadi tumpuan saat berjalan menurun pulang. Sepatu yang sempit akan membuat jari-jari kaki sakit
    Bawa perlengkapan standar: kompas, jas hujan, senter atau headlamp dengan baterai masih baru, korek gas, masker, dan repellant untuk mengusir nyamuk dan pacet. Aplikasikan repellant ke kaki dan bagian yang terbuka sebelum trekking
    Bawalah payung bagi yang ingin tetap bisa memotret saat gerimis atau hujan
    Bawa bekal makanan tinggi kalori yang cukup karena trekking ini menguras energi. Di jalur trekking ini air tersedia melimpah dan bisa isi ulang botol air minum
    Tidak ada shelter maupun MCK di jalur trekking, jadi jas hujan merupakan keharusan. Bawa sekop mini dan wet tissue untuk menangani urusan ‘ke belakang’
    Ikuti petunjuk untuk tidak duduk atau jongkok lebih dari 3 menit saat berada di kawasan Kawah Ratu. Segera berdiri dan berjalan-jalan saat dirasa mulai pusing
    Dilarang kemping di tempat-tempat yang sudah ada larangan kemping. Ada tempat kemping yang lebih nyaman dan mempunyai MCK yang cukup di depan pintu masuk pendakian
    Dilarang keras menyampah dan mencoret-coret jalur trekking. Semua sampah makanan harus dibawa kembali.
Dilarang berbicara sompral atau tak ber etika / tidak sopan